Saturday, July 30, 2011

RAMADHAN (Teman-Teman Blogger Atau Yang Mampir Di Blog Ini ..Mohon Maaf Atas Segala Kesalahan.. Met Puasa Ya..)

Rasulullah SAW bersabda : “Tidaklah seseorang yang suka memaafkan kecuali Allah akan menambah kemuliaannya” (Hadist Riwayat Muslim). Maka sungguh tidak berlebihan jika posting kali ini sebagai ajang untuk menyampaikan permohonan maaf sekaligus berbagi informasi yang saya yakin teman-teman juga telah memahami. Tiada maksud menggurui atau merasa lebih tahu, namun Islampun mengajarkan sampaikanlah kebenaran meskipun hanya satu ayat. Insyaallah posting ini diniatkan untuk saling mengingatkan baik bagi diri pribadi maupun teman-teman sesama blogger. Jika berkenan baca lanjutannya ya… 
Puasa (shaum) berarti menahan diri dari melakukan suatu perbuatan, baik makan, berbicara yang tidak bermanfaat dan lainnya. Adapun dalam Agama Islam Puasa berarti “menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkannya, satu hari lamanya, mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari dengan niat dan beberapa syarat”.
Puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu puasa wajib yang di dalamnya Allah SWT memberikan banyak keistimewaan bagi umatnya. Salah satu keistimewaan Bulan Ramadhan adalah dilipatgandakannya semua amal ibadah..hmm.. Sungguh istimewakan?? Oleh karena itu Rasulullah SAW dan para sahabat tidak melewatkan satu detikpun di bulan Ramadhan untuk beribadah dan mengerjakan amal saleh (..musti koreksi diri lahhh…)

Bagaimana keutamaan puasa dalam Al-Quran dan Al-Sunah :
KEUTAMAAN PUASA
·Dalam Al-Quran :
“Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Al-Ahzab : 35).
“Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa) maka (wajib menggantinya) sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur” (QS. Al Baqarah: 185)
·Dalam Hadist :
Dari Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda :
“Semua amal anak Adam adalah untuknya kecuali puasa, maka ia untuk Ku dan Aku yang akan membalasnya. Puasa adalah perisai (dari perbuatan maksiat) dan apabila seseorang darimu tengah berpuasa, maka janganlah dia berkata kotor, berteriak dengan suara keras dan bila seseorang mencelanya atau mengajaknya berkelahi, hendaknya ia mengatakan, “Sesungguhnya aku sedang berpuasa” Demi Dzat yang jiwa Muhammad DitanganNya, sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah dari minyak kasturi. Orang yang berpuasa meraih dua kesenangan; bila ia berbuka ia merasa senang dan bila ia berjumpa dengan Rabbnya ia senang dengan puasanya.
Dari Sahal bin Said berkata dari Nabi SAW, beliau bersabda :
“Sesungguhnya di dalam surga ada sebuah pintu yang disebut dengan ar-Rayyan yang kelak pada hari kiamat akan dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa dan tidak ada orang lain selain mereka yang memasukinya. Dikatakan, “ Mana orang-orang yang berpuasa?” Mereka lalu bangun dan tak seorangpun yang masuk selain mereka. Ketika mereka telah masuk, pintunya dikunci sehingga tidak ada yang masuk selain mereka.”
Dari HR Imam Ahmad, Thabrani, dan Hakim dan dishahihkannya, beliau bersabda :
 “Puasa dan Al-Quran dapat menjadi syafaat bagi seorang hamba pada hari kiamat, berkata puasa : Yaa Robbku aku telah menghalanginya dari makan dan syahwat di siang hari, maka jadikanlah aku syafaat baginya, dan Al-Quran berkata : Yaa Robbku aku telah menghalanginya tidur diwaktu malam, maka jadikanlah aku syafaat untuknya, maka keduanya dapat memberi syafaat
Udah gak pake mikir lagi kan untuk menjalankan puasa kan ?? Begitu banyak energy kebaikan yang tersedia dibulan Ramadhan, mulai dari penggandaan pahala (terutama dimalam lailatul qadar) serta terbukanya pintu taubat seluas-luasnya.
”Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr: 1-3).
AMALAN BULAN RAMADHAN
Keberkahan yang diberikan Allah SWT di Bulan Ramadhan sungguh sayang untuk dilewatkan, namun seringkali kita masih juga menyia-nyiakan keistimewaan yang ada dengan alasan “sedang berpuasa” he..he.. bahkan jam kerja biasanya berkurang yaaa… ditambah lagi mungkin kita seringkali mendengar hadist yang menyatakan bahwa tidur orang yang berpuasa itu akan mendapatkan pahala… huaaaa… ga segitu aja kali mengartikannya… tapi ga punya kapasitas deh menyatakan hadist itu shahih atau tidak, namun beberapa literature yang kubaca menyatakan bahwa makna hadist itu lebih kepada nasehat : apabila kita mengkhawatirkan pahala puasa kita akan berkurang karena kita melakukan hal-hal yang salah atau dapat mengurangi amal puasa seperti misalnya gossip (he..he.. kebiasaan perempuan niii..) lebih baik tidur. Namun akan lebih baik bila kita mengisi hari-hari puasa dengan berbagai amal ibadah (semangattt… semangattt… he..he..) diantaranya :
1.Membaca Al-Quran
Dalam hadist yang diriwayatkan Imam Bukhari dijelaskan bahwa Malaikat Jibril memperdengarkan Al-Quran kepada Rasulullah SAW disetiap malam dalam Bulan Ramadhan. Hal ini memberi petunjuk bagi kita untuk rajin-rajin membaca Al-Quran di malam Bulan Ramadhan. Apalagi jika disetiap waktu  ?? misalnya sehabis sholat wajib, pasti berlipatganda ya pahalanya.. (Insyaallah..)
2.Memberi Makanan Berbuka
Tentunya bagi kamu yang memiliki kelebihan rejeki.. knapa nggak karena Rasulullah SAW bersabda “Barang siapa memberi makan untuk berbuka orang yang berpuasa, maka baginya pahala sebesar pahala orang yang berpuasa itu, tanpa mengurangi sedikitpun pahalanya” (Hadist Riwayat Ahmad).
3.Bersedekah
Selain memberi makanan berbuka, bersedekah pun menjadi ibadah yang dianjurkan sebagaimana  Rasulullah SAW bersabda “Sebaik-baiknya sedekah adalah sedekah di bulan Ramadhan” (Riwayat At Tirmidzi).Gak penting jumlahnya kannn..? Yang penting niatnya.  
4.Qiyam Al Lail
Ibadah yang dibulan-bulan biasa mungkin berat untuk dilakukan, namun insyaallah pada bulan ini dikuat-kuatin dehh semangatnya.. karena Rasulullah SAW bersabda “Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan dengan didasari keimanan dan menghendaki ridha Allah, maka diampunkan untuknya dosa-dosa yang telah lalu (Hadist Al-Bukhari)
5.Berdoa
Nahhh..buat kamu yang memiliki harapan-harapan baik, cita-cita yang belum kesampaian, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda “Tiga orang yang tidak tertolak doanya, (yakni) orang yang berpuasa hingga ia berbuka, pemimpin yang adil dan orang yang terzalimi”.(Riwayat At Tirmidzi). Maka para ulama menganjurkan kita memperbanyak doa saat sedang berpuasa..
6.I’Tikaf
Amalan yang biasanya dianjurkan untuk para laki-laki ni (belum tau kalo untuk perempuan) yaitu melakukan I’tikaf terutama pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan sebagaimana yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Aisyah mengatakan “Rasulullah SAW melakukan I’tikaf di sepuluh hari terakhir di Bulan Ramadhan” (Riwayat Muslim).
7.Masih banyaklah amalan-amalan lain yang bisa kita lakukan di Bulan Ramadhan, terutama jangan ditinggalkan amalan-amalan yang selama ini rutin dilakukan seperti Membaca Al-Matsurat setiap pagi dan petang (sambil nunggu berbuka kann..), Sholat Dhuha (insyaallah harus semakin rajin), Menghafal Hadist dan Juz 30 Al-Quran (daripada ngobrol he..he..), Bersilaturahmi (terutama ke ortu..) dan tentu saja bekerja seperti biasa..
Wahh udah panjang banget deh postingnya, Insyaallah jika diberi kesempatan dan kekuatan dari Allah SWT akan posting hal lain tentang Ramadhan. Posting ini hasil dari membaca beberapa sumber, diantaranya :
Hidayatullah Edisi 05/XXII/September 2009/Ramadhan/Amalan Bulan Ramadhan
Fiqih Islam : H. Sulaiman Rasjid (Terbitan Sinar Baru Algensindo)
Puasa Sunnah “Hukum & Keutamaannya” : Usamah Abdul Aziz : Serial Buku Darul Haq ke-128
Semoga bermanfaat, sesungguhnya segala kebenaran itu datangnya dari Allah SWT dan segala kesalahan adalah dari kurangnya pengetahuanku. Wallahu a’lam bishowab.


No comments: