Wednesday, January 25, 2012

PERWILAYAHAN DALAM PENGEMBANGAN USAHATANI SAYURAN BERBASIS AGRIBISNIS DI KOTA TARAKAN

Kota Tarakan merupakan kota pulau yang terletak di utara Provinsi Kalimantan Timur dengan luas wilayah daratan ± 250.80 Km2. Kota ini memiliki posisi strategis yang memungkinkan Kota Tarakan menjadi “kota transit” yang penting setelah Kota Balikpapan baik bagi kabupaten/ kota sekitarnya maupun dalam hubungan dagang dengan negara tetangga Malaysia dan Filipina. 
Kota Tarakan telah mencanangkan visi sebagai “Kota Jasa dan Perdagangan” namun masih terdapat cukup banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya pada kegiatan usahatani terutama usahatani semusim dengan komoditas utama hortikultura sayur-sayuran dan Palawija. Usahatani ini telah cukup lama dilakukan sebagaimana dikemukakan Wahyuni (2009) bahwa pada masyarakat Suku Toraja di Kota Tarakan usahatani telah dilakukan > 30 tahun.  
Usahatani di Kota Tarakan mengalami berbagai kendala yaitu kendala biofisik lahan dan sosial ekonomi. Kendala biofisik diantaranya tanah kurang subur dengan kandungan unsur hara N dalam kategori rendah sedangkan unsur hara P sangat rendah dan unsur hara K sangat rendah dengan kelas tekstur lempung berpasir (sandy loam)
sehingga tanah permukaan mudah terkikis oleh air (Anonim, 2008) serta sulitnya memenuhi kebutuhan air bagi tanaman. Adapun kendala sosial ekonomi sebagaimana dikemukakan Wahyuni (2009) adalah keterbatasan modal, status lahan yang tidak jelas, sulitnya memperoleh benih, pupuk dan pestisida, serta rendahnya kemampuan mengendalikan hama dan penyakit tanaman.
Selengkapnya silahkan klik :
1. Cover    http://www.ziddu.com/download/18369914/COVER.docx.html
2. Bab 1    http://www.ziddu.com/download/18369785/Bab1..docx.html  
3. Bab 2    http://www.ziddu.com/download/18369915/Bab2.docx.html
4. Bab 3    http://www.ziddu.com/download/18369784/Bab3..docx.html
5. Dafpus  http://www.ziddu.com/download/18383127/dISERTASIdafpur.docx.html















No comments: